Tentang Batik Indonesia

No Comments
batik couple
Batik berasal dari bahasa Jawa " Amba " ingin menulis dan " titik ". Kata batik merujuk pada kain dengan pola yang disediakan oleh materi " malam " yang diterapkan pada kain untuk menahan masuknya bahan pewarna. Sejak jaman kerajaan Hindu Mataram untuk masuknya agama dengan agama Java, sejak munculnya pedagang India, Cina, Arab, yang kemudian diikuti oleh pedagang dari Eropa, dari berdirinya Republik Islam kerajaan Mataram di Yogyakarta dan Surakarta menimbulkan perjalanananannya, batik hadir dengan pola dan warna yang dapat menggambarkan waktu dan membosankan.


Batik secara historis berasal dari dikenal sejak zaman kuno abad XVII yang ditulis dan dilukis pada daun Palmyra . Saat itu motif atau pola batik masih didominasi oleh bentuk binatang dan tanaman. Dalam sejarah batik mengalami perkembangan pembangunan, yaitu melukis motif hewan dan tumbuhan akhirnya akan mengaktifkan Motik abstrak yang menyerupai awan, relief candi, wayang beber dan sebagainya.
batik couple

Bahan kain putih yang digunakan saat itu adalah hasil tenunan sendiri. Zat warna yang dipakai sampai vegetasi asli di Indonesia antara lain pohon noni, Soga, nila dan bahan sodanya tinggi , terbuat dari soda abu dan lumpur garam berbasis.

Batik ini di Indonesia telah dikenal sejak zaman kerajaan Majapahit dan terus berkembang sampai kerajaan berikutnya. Mengenai awal ini batik luas milik rakyat Indonesia dan khususnya suku Jawa ialah setelah akhir abad XVIII atau awal abad kesembilan belas. Diproduksi batik adalah semua sampai awal abad kedua puluh. Baru dan dikenal setelah Perang Dunia Pertama atau serikat batik selesai sekitar tahun 1920.
batik couple

Seni adalah seni batik kain pakaian gambar yang menjadi salah satu raja dari budaya keluarga Indonesia jaman dulu. Mulanya batik hanya terbatas pengerjaannya di dalam tembok istana saja sebagai hasilnya berpakaian Raja serta keluarga dan pendukungnya. Setelah banyaknya pengikut kerajaan yang bertempat tinggal di luar tembok istana, seni batik ini dibawa oleh mereka keluar istana dan bekerja untuk mereka.