Makna Dibalik Motif Batik

No Comments


Di balik kekayaan motif serta warna batik indonesia, ada arti serta filosofi yang berlainan. “beda motif, lain juga makna batiknya. dikarenakan seluruh motif itu tentu ada asal-usulnya sendiri sesuai dengan filosofinya daerahnyaia lalu berikan perumpamaan motif batik serta artinya.

trutum
di antara motif batik yang amat digemari masyarakat. motif batik trutum ini umumnya dikenakan waktu upacara pernikahan, terlebih untuk orang tua pengantin. trutum mempunyai makna menuntun arti orang jawanya.


parang barong
motif batik ini datang dari kata “batu karang” serta “barong” yang berarti singa. parang barong merupakan parang yang sangat besar, agung, serta sakral. “motif ini dipakai di kelompok umur keraton untuk acara-acara besar, ” makin roland. motif ini memiliki arti supaya seorang raja senantiasa hati-hati serta bisa mengendalikan diri. umumnya motif keraton.

tambal
makna tambal berarti menambal atau memperbaiki perihal yang rusak. dulu, kain batik dengan motif ini diakui dapat menolong pengobatan orang sakit, lewat cara menyelimutinya dengan kain batik ini.

babon angrem
kain batik ini melambangkan seekor ayam betina yang tengah mengerami ( angrem ) telurnya dengan penuh kehangatan serta rasa sayang. pemakaian pada ibu yang tengah hamil mengisyaratkan kasih sayang sang ibu pada anaknya.

sekar jagad
motif ini melambangkan ungkapan cinta serta untuk memelihara perdamaian.

sido asih
motif geometris yang berpola basic wujud segiempat ini mempunyai makna keluhuran. saat mengenakannya, bermakna orang ini mempunyai pengharapan serta kebahagiaan dalam hidupnya.