Proses Batik Yang Rumit

No Comments
Sejauh ini, kita hanya tahu penampilan pola batik saja . Jika ada baju dengan pola dan warna tertentu , biasanya kita bisa langsung ' vonis Upload "seperti baju batik atau tidak . Tapi hanya sedikit di antara kita yang tidak bisa membedakan apakah " batik " adalah batik cetak / asli batik cap atau batik.

batik couple
Sebuah mode mengatakan bahwa jika proses pembuatan pola batik dengan menggunakan malam ( lilin ) . Adalah proses untuk mengukir penggunaan tembaga sebagai canting atau cap karena menggunakan malam ( lilin ), maka itu adalah sebuah karya batik asli.


Saat malam tidak ( non - lilin ), maka " batik " alias orisinal bukan batik. Hanya satu pola yang meniru pola.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang batik asli ini berguna untuk mengetahui bagaimana sepotong batik dibuat . Dengan pengetahuan yang bisa kita bayangkan kompleksitas yang kita kenakan batik yang diproduksi. Dan kita bisa menghargai dan memahami bahwa kita harus menghabiskan harga setara dengan panjang proses.

Dengan demikian, proses batik yang unik dan rumit. Setidaknya ada 12 langkah. Nyungging langkah pertama, yang membuat desain / pola di atas kertas. The njaplak tahap kedua : memindahkan pola kertas ke kain. Nglowong Langkah ketiga adalah menyisipkan malam tilt beradaptasi model.
batik couple

Ngiseni tahap keempat, yaitu dari pola isen pada pola utama. Nyolet kelima tahap, yang memberikan beberapa bagian warna. Mopol langkah keenam , atau penutup bagian dicolet malam. Ngelir ketujuh tahap : warna keseluruhan. Nglorod langkah kedelapan , yaitu penghapusan malam dengan merendam dalam air mendidih. Ngrentesi kesembilan tahap: Berikan cecek (dot) pada klowongan. Nyumti tahap ke-10, yang meliputi bagian malam. Nyoga etape ke-11 atau pencelupan kain dengan warna sogan. Nglorod etape ke-12, penghapusan malam dengan merendam dalam air mendidih.

Jadi kita masih berpikir membuat batik asli sederhana?